Saturday, November 24, 2012

Metode Belajar Menggunakan Blog (e-learning)

Apakah anda memiliki Blog? Atau pernahkah anda membaca artikel dan berbagai tulisan menarik disebuah blog? Tentunya pernah bukan,.. terlebih bagi orang yang selalu berkecimpung dengan internet yang dianggap sebagai gudangnya ilmu pengetahuan di Dunia maya.

Blog sebenarnya merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum (Wikipedia). Melalui blog, seorang penulis blog dapat berbagi Ilmu, kalau tak digunakan ilmu yang dimiliki bakal hilang dan percuma. Tapi, ilmu kalau diamalkan akan menjadi sangat berguna bukan?

Belakangan ini popularitas blog sedikit tersisihkan dengan mencuatnya jejaring sosial yang menyediakan aplikasi-aplikasi menarik didalamnya. Namun, tidak bagi segelintir, sebagian atau sekelompok orang yang memanfaatkan blog sebagai media perkuliahan atau lebih dikenal e-learning yang sudah menjadi tren internasional. Nah!

Kalau begitu, bagaimana system pembelajaran atau perkuliahan yang ditawarkan e-learning? Hal ini sangat dipengaruhi kreatifitas seorang guru atau dosen dalam membuat inovasi disetiap blog yang ia kenalkan kepada anak didiknya, supaya siswa atau mahasiswanya pun merasa tidak jenuh dan bosan dengan system belajar yang biasa-biasa saja ditambah tuntutan kurikulum yang begitu padat.

Banyak sekali manfaat yang didapat dengan e-learning misalnya; Lebih mudah mendapatkan materi atau info tanpa harus menempelkan info di mading, Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak, Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga, Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun, Bisa tahu materi atau tugas lebih awal, Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lain. Walaupun tak dapat dipungkiri ada beberapa kelemahan misalnya; gangguan jaringan internet gagap akan teknologi. namun, lambat laun permasalahan-permasalahan seperti ini pasti dapat diatasi dengan semakin merambahnya teknologi kedaerah-daerah di seluruh nusantara.

Berikut menggambarkan metode belajar menggunaka blog atau e-learning dan siapapun dapat mengikuti perkuliahan semacam ini. Salah satu contoh misalnya; “Kuliah Fiqih” anda cukup dengan membuka http://kuliahfiqih.blogspot.com/ maka anda akan dihadapka dengan laman utama perkuliahan dan disana terdapat peraturan-peraturan yang harus patuhi misalnya ‘bahaya plagiarisme’ atau yang kita kenal dengan budaya ‘copy+paste’. layaknya perkuliahan pada umumnya maka ada kode etik tertentu yang harus  kita patuhi ketika mengerjakan tugas.

Ingin lebih tahu tentang Kuliah Fiqih dan e-learning clik di sini  http://maftuhin.blogspot.com/2012/03/kuliah-fiqih-sudah-e-learning-sejak.html dan ini hanya sedikit gambaran tentang e-learning yang sudah selayaknya kita kembangakan di dunia pendidikan berbasis teknologi modern.

No comments :

Post a Comment