Monday, November 18, 2013

Pesona Apel Tanah Abu

Jika berbicara masalah buah apel dan mengait-ngaitkan dengan tempat tumbuh suburnya buah yang satu ini, pasti di benak kita selalu tertuju pada sebuah kota, yakni kota Malang. Akan tetapi, bila kita hendak mengunjungi kebun apel yang ada di kota Malang rasanya terlampau jauh dan menghabiskan terlalu banyak biaya.

Bagi pembaca yang tinggal diseputaran tanoh Gayo khususnya tak perlu kawatir, bagi anda yang sama sekali belum pernah berkunjung kekebun buah apel dan ingin sesekali berlibur bersama keluarga, tempat yang satu ini mungkin bisa menjadi wahana berlibur bersama sanak saudara.

Kebun buah apel yang ada di Tahan Abu, kecamatan Atu Lintang, Kabupaten Aceh Tengah ini salah satunya. Merupakan kebun apel yang memiliki daya tarik tersendiri, juga memiliki cita rasa yang khas dan memberikan kepuasan saat kita menikmatinya.


Saat musim panen tiba, pengunjung diperbolehkan melihat-lihat dan memetik buah apel sendiri. Seorang ibu pemilik kebun saat ditanyai bagaiamana mula membudidayakan buah apel, “Cuma coba-coba awalnya nak, ibu Cuma nanam beberapa pohon, tapi kok pohon apel tumbuh subur dan berbuah di Tanahabu dan beberapa daerah lainnya di kecamatan Atu Lintang yang saat ini masih dalam masa tanam. Mungkin aja satu atau dua tahun kedepan daerah ini akan menjadi objek wisata” tambahnya.

Untuk setiap pengunjung yang hendak membelinya, dan menjadikan buah apel sebagai buah tangan atau oleh-oleh selepas berkunjung. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 25.000/Kg buah apel. rasanya tidak terlampau mahal jika kita bisa memetik dan memilih-milah sendiri buah apel yang ingin di makan.

Tempat objek wisata kebun buah apel yang satu ini juga tidak terlampau jauh. Untuk sampai di tempat tujuan, hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 1 jam dari pusat kota Takengon . Ditabah jalannya yang mulus dan pemandangan hijaunya perkebunan kopi diperjalanan memberikan daya tarik dan kepuasan batin tersendiri saat berkunjung ke agrowisata kebun buah apel Tanah Abu.





1 comment :